18 pendidikan karakter bangsa
NO | NILAI KARAKTER | DISKRIPSI |
1 | RELEGIUS | Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanaan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, serta hidup rukun dengan pemeluk agama lain. - Indikator di kelas : masuk kelas mengucapkan salam (islam), salam sejahtera (Kristen),dll |
2 | JUJUR | Perilaku yang di dasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan. - Indikator di sekolah: menemukan barang temuan diumumkan, dilarang membawa fasilitas pada waktu ujian (menyontek), menyediakan tempat barang temuan, koperasi jujur. |
3 | TOLERANSI | Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya. - Indikator di sekolah: menghargai dan memberikan perlakuan yang sama terhadap suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain. |
4 | DISIPLIN | Tindakan yang menunjukan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan. - Indikator di sekolah: memiliki absen, memberikan penghargaan kpd warga sekolah yang disiplin, menyedikan alat praktek sesuai program. |
5 | KERJA KERAS | Perilaku yang menunjukan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbgai hambatan belajar dan tugas serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya. - Indikator disekolah: menciptakan kompetitif yg sehat, menciptakan kondisi etos kerja, menciptakan suasana sekolah yg menantang. |
6 | KREATIF | Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara/hasil baru dari apa yang telah dimiliki. - Indikator disekolah:menciptakan situasi yg menumbuhkan kreatif siswa, memberikan tugas yg kreatif. |
7 | MANDIRI | Sikap dan perilaku yg tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas. - Indikator dikelas:suasana kls yg memberikan kesempatan kpd peserta didik untuk belajar mandiri. |
8 | DEMOKRATIS | Cara berpikir,bersikap, dan bertindak yg menilai sama hak, dan kewajiban dirinya dengan orang lain. - Indikator dikelas:memilih pemilihan ketua kelas, osis, mengimplementasikan secra dialog. |
9 | RASA INGIN TAHU | Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari apa yg dipelajarinya, dilihat, dan didengar. - Indikator dikelas: menciptakan suasana dikelas yg ingin tahu, eksplorasi lingkungan secara terprogram, tersedia media komunikasi. |
10 | SEMANGAT KEBANGSAAN | Cara berpikir, bersikap, dan wawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan diri dan kelompok Indikator dikelas : upacara, memperingati hari pahlawan nasional, memiliki program melakukan kunjungan tempat bersejarah. |
11 | CINTA TANAH AIR | Cara berpikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, social, budaya, ekonomi, dan politik bangsanya. Indikator di kelas : menggunakan produk dalam Negara, memajangkan poto presiden /wakil presiden, garuda. |
12 | MENGHARGAI PRESTASI | Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui dan menghormati keberhasilan orang lain. Indikator dikelas : memajang tanda-tanda prestasi di kelas, menciptakan suasana pembelajaran. |
13 | BERSAHABAT/KOMUNIKATIF | Tindakan yang memperhatikan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain. Indikator di kelas: berkomunikasi dengan bahasa yang santun, bergaul dengan cinta kasih dan rela berkorban, saling menghargai dan menjaga kehormatan, guru mendengarkan keluhan-keluhan. |
14 | CINTA DAMAI | Sikap, perkataan, dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya. Indikator di kelas: Tidak membedakan perlakuan pada anak laki dan perempuan, kekerabatan di kelas yang penuh kasih saying. |
15 | GEMAR MEMBACA | Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya. Indikator di kelas: daftar buku yang dibaca peserta didik, saling tukar bacaan. |
16 | PEDULI LINGKUNGAN | Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi. Indikator di kelas: tersedia tempat pembuangan, tempat sampah, menutup kran air, waktu selesai digunakan hemat listrik. |
17 | PEDULI SOSIAL | Sikap dan tindakan yang selalu ingin member bantuan bagi orang lain dan masyarakat yang membutuhkan. Indikator di kelas: membangun kerukunan warga di kelas, melakukan aksi social. |
18 | TANGGUNG JAWAB | Sikap dan perilaku seseorang dalam melaksanaan tugas dan kewajiban rehadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan( alam, social, dan budaya) Negara, dan tuhan YME. Indikator dikelas: melaksanaan piket di kelas secara teratur, peran serta aktif dalam kegiatan sekolah, mengajukan usul pemecahan masalah. |