18 pendidikan karakter bangsa

NO
NILAI KARAKTER
DISKRIPSI
1
RELEGIUS
Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanaan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, serta hidup rukun dengan pemeluk agama lain.
-          Indikator di kelas : masuk kelas mengucapkan salam (islam), salam sejahtera (Kristen),dll
2
JUJUR
Perilaku yang di dasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.
-          Indikator di sekolah: menemukan barang temuan diumumkan, dilarang membawa fasilitas pada waktu ujian (menyontek), menyediakan tempat barang temuan, koperasi jujur.  
3
TOLERANSI
Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya.
-          Indikator di sekolah: menghargai dan memberikan perlakuan yang sama terhadap suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain.  
4
DISIPLIN
Tindakan yang menunjukan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.
-          Indikator di sekolah: memiliki absen, memberikan penghargaan kpd warga sekolah yang disiplin, menyedikan alat praktek sesuai program.
5
KERJA KERAS
Perilaku yang menunjukan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbgai hambatan belajar dan tugas serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
-          Indikator disekolah: menciptakan kompetitif yg  sehat, menciptakan kondisi etos kerja, menciptakan suasana sekolah yg menantang.
6
KREATIF
Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara/hasil baru dari apa yang telah dimiliki.
-          Indikator disekolah:menciptakan situasi yg menumbuhkan kreatif siswa, memberikan tugas yg kreatif.
7
MANDIRI
Sikap dan perilaku yg tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.
-          Indikator dikelas:suasana kls yg memberikan kesempatan kpd peserta didik untuk belajar mandiri.
8
DEMOKRATIS
Cara berpikir,bersikap, dan bertindak yg menilai sama hak, dan kewajiban dirinya dengan orang lain.
-          Indikator dikelas:memilih pemilihan ketua kelas, osis, mengimplementasikan secra dialog.
9
RASA INGIN TAHU
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari apa yg dipelajarinya, dilihat, dan didengar.
-          Indikator dikelas: menciptakan suasana dikelas yg ingin tahu, eksplorasi lingkungan secara terprogram, tersedia media komunikasi.
10
SEMANGAT KEBANGSAAN
Cara berpikir, bersikap, dan wawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan diri dan kelompok
Indikator dikelas : upacara, memperingati hari pahlawan nasional, memiliki program melakukan kunjungan tempat bersejarah.
11
CINTA TANAH AIR
Cara berpikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, social, budaya, ekonomi, dan politik bangsanya.
Indikator di kelas : menggunakan produk dalam Negara, memajangkan poto presiden /wakil presiden, garuda.
12
MENGHARGAI PRESTASI
Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui dan menghormati keberhasilan orang lain.
Indikator dikelas : memajang tanda-tanda prestasi di kelas, menciptakan suasana pembelajaran. 
13
BERSAHABAT/KOMUNIKATIF
Tindakan yang memperhatikan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain.
Indikator di kelas: berkomunikasi dengan bahasa yang santun, bergaul dengan cinta kasih dan rela berkorban, saling menghargai dan menjaga kehormatan, guru mendengarkan keluhan-keluhan.
14
CINTA DAMAI
Sikap, perkataan, dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya.
Indikator di kelas: Tidak membedakan perlakuan pada anak laki dan perempuan, kekerabatan di kelas yang penuh kasih saying.
15
GEMAR MEMBACA
Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya.
Indikator di kelas:  daftar buku yang dibaca peserta didik, saling tukar bacaan.
16
PEDULI LINGKUNGAN
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.
Indikator di kelas: tersedia tempat pembuangan, tempat sampah, menutup kran air, waktu selesai digunakan hemat listrik.
17
PEDULI SOSIAL
Sikap dan tindakan yang selalu ingin member bantuan bagi orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.
Indikator di kelas: membangun kerukunan warga di kelas, melakukan aksi social.
18
TANGGUNG JAWAB
Sikap dan perilaku seseorang dalam melaksanaan tugas dan kewajiban rehadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan( alam, social, dan budaya) Negara, dan tuhan YME.
Indikator dikelas: melaksanaan piket di kelas secara teratur, peran serta aktif dalam kegiatan sekolah, mengajukan usul pemecahan masalah.