Pendidikan sekolah yang berkarakter
PENDIDIKAN SEKOLAH DI INDONESIA
Pendidikan di Indonesia semakin parah, dimana-mana terjadi tawuran antar pelajar,mahasiswa, perkelahian pelajar dengan wartawan, pelajar dengan warga masyarakat,dsb. Untuk itu perlu adanya perubahan dalam pendidikan, pendidikan yang bermartabat sebagai orang timur, orang timur yang paling dikenal dengan ramah tamah, sopan santun ,menghargai pendapat orang lain. pendidikan yang kurang diarahkan pada karakter bangsa, Pemerintah sedang membuat program pendidikan di Indonesia yaitu Pendidkan berkarakter dan budaya bangsa dengan tujuan agar pelajar, mahasiswa, mahasiswi mengerti 18 karakter di sekolah, di kampus, sehingga pelajar di Indonesia bisa cinta tanah air , dan mempunyai pandangan ideologi pancasila yang sesuai apa yang di amanatkan dalam kandungan nilai-nilai pembukaan UUD 45 dan UUD 45.
Adapun isi 18 karakter adalah Read more>>
Adapun isi 18 karakter adalah Read more>>
NILAI KARAKTER DAN PENDIDIKAN BUDAYA BANGSA
NO | NILAI KARAKTER | DISKRIPSI |
1 | RELEGIUS | Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanaan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, serta hidup rukun dengan pemeluk agama lain. - Indikator di kelas : masuk kelas mengucapkan salam (islam), salam sejahtera (Kristen),dll |
2 | JUJUR | Perilaku yang di dasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan. - Indikator di sekolah: menemukan barang temuan diumumkan, dilarang membawa fasilitas pada waktu ujian (menyontek), menyediakan tempat barang temuan, koperasi jujur. |
3 | TOLERANSI | Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya. - Indikator di sekolah: menghargai dan memberikan perlakuan yang sama terhadap suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain. |
4 | DISIPLIN | Tindakan yang menunjukan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan. - Indikator di sekolah: memiliki absen, memberikan penghargaan kpd warga sekolah yang disiplin, menyedikan alat praktek sesuai program. |
5 | KERJA KERAS | Perilaku yang menunjukan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbgai hambatan belajar dan tugas serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya. - Indikator disekolah: menciptakan kompetitif yg sehat, menciptakan kondisi etos kerja, menciptakan suasana sekolah yg menantang. |
6 | KREATIF | Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara/hasil baru dari apa yang telah dimiliki. - Indikator disekolah:menciptakan situasi yg menumbuhkan kreatif siswa, memberikan tugas yg kreatif. |
7 | MANDIRI | Sikap dan perilaku yg tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas. - Indikator dikelas:suasana kls yg memberikan kesempatan kpd peserta didik untuk belajar mandiri. |
8 | DEMOKRATIS | Cara berpikir,bersikap, dan bertindak yg menilai sama hak, dan kewajiban dirinya dengan orang lain. - Indikator dikelas:memilih pemilihan ketua kelas, osis, mengimplementasikan secra dialog. |
9 | RASA INGIN TAHU | Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari apa yg dipelajarinya, dilihat, dan didengar. - Indikator dikelas: menciptakan suasana dikelas yg ingin tahu, eksplorasi lingkungan secara terprogram, tersedia media komunikasi. |
10 | SEMANGAT KEBANGSAAN | Cara berpikir, bersikap, dan wawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan diri dan kelompok Indikator dikelas : upacara, memperingati hari pahlawan nasional, memiliki program melakukan kunjungan tempat bersejarah. |
11 | CINTA TANAH AIR | Cara berpikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, social, budaya, ekonomi, dan politik bangsanya. Indikator di kelas : menggunakan produk dalam Negara, memajangkan poto presiden /wakil presiden, garuda. |
12 | MENGHARGAI PRESTASI | Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui dan menghormati keberhasilan orang lain. Indikator dikelas : memajang tanda-tanda prestasi di kelas, menciptakan suasana pembelajaran. |
13 | BERSAHABAT/KOMUNIKATIF | Tindakan yang memperhatikan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain. Indikator di kelas: berkomunikasi dengan bahasa yang santun, bergaul dengan cinta kasih dan rela berkorban, saling menghargai dan menjaga kehormatan, guru mendengarkan keluhan-keluhan. |
14 | CINTA DAMAI | Sikap, perkataan, dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya. Indikator di kelas: Tidak membedakan perlakuan pada anak laki dan perempuan, kekerabatan di kelas yang penuh kasih saying. |
15 | GEMAR MEMBACA | Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya. Indikator di kelas: daftar buku yang dibaca peserta didik, saling tukar bacaan. |
16 | PEDULI LINGKUNGAN | Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi. Indikator di kelas: tersedia tempat pembuangan, tempat sampah, menutup kran air, waktu selesai digunakan hemat listrik. |
17 | PEDULI SOSIAL | Sikap dan tindakan yang selalu ingin member bantuan bagi orang lain dan masyarakat yang membutuhkan. Indikator di kelas: membangun kerukunan warga di kelas, melakukan aksi social. |
18 | TANGGUNG JAWAB | Sikap dan perilaku seseorang dalam melaksanaan tugas dan kewajiban rehadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan( alam, social, dan budaya) Negara, dan tuhan YME. Indikator dikelas: melaksanaan piket di kelas secara teratur, peran serta aktif dalam kegiatan sekolah, mengajukan usul pemecahan masalah. |