MODEL PEMBELAJARAN

             Kita tahu bahwa sistem pembelajaran kita sekarang ini sedikit berubah, mulai dari paradigma lama sampai paradigama baru, paradigma baru inilah yang sangat bermanfaat dalam mencapai tujuan yang kita harapkan, yaitu peserta didik terlibat secara langsung (Mengalami sendiri) sehingga keberhasilan akan tercapai secara maksimal,  disini diagram yang menunjukkan statistik setifikan yaitu : 20% model pembelajaran yang hanya membaca saja, peserta didik hanya sebagai objek saja yang berperan hanya guru siswa tidak ikut campur, 30% model pembelajaran mendengarkan itu sama dengan membaca, 50 % siswa hanya mampu menyerap dalam membaca dan mendengarkan, sedangkan 70% siswa hanya mampu menyerap dalam pembelajaran melalui diskusi, dan 99%  model pembelajaran dengan praktek secra langsung, sehingga peserta didik betul-betul mengalami sendiri.
            Cara membuat model pembelajaran :
1.Materi   2. alat peraga    3. Media     4. siswa     5. dan sebagainya.  memlih model pembelajaran yang baik itu nerupakan harapan semua guru, yang harus diperhatikan adalah a. kondisi peserta didik, b. sifat materi bahan ajar, c. fasilitas - media yang tersedia, dan yang terakhir adalah kondisi guru. Beberapa model pembelajaran antara lain :
1. Pembelajaran dengan CTL.
    Membantu guru dalam mengaitkan pelajaran dengan kehidupan nyata dan mengaitakan kehidupan peserta didik dengan kehidupan mereka sendiri.
2. Pembelajaran dengan cooperative learnig.
    Kegiatan pembelajaran dengan cara berkelompok,  menyelesikan masalah, menentukan konstruksi konsep.
3. Pembelajaran dengan jigsaw.
    Kegiatan pembelajaran dengan cara berkelompok tapi dipimpin oleh seorang siswa sebagai narrator.
i jika siswa memproses   informasi atau pengetahuan baru sedemikian    rupa   sehingga dirasakan masuk akal dan   sesuai dengan kerangka berpikir yang   dimilikinya ( ingatan , pengalaman dan   tanggapan ).