CARA MENGOBATI bab

CARA MENGOBATI BAB 


Pada umumnya masalah BAB itu penting bagi kehidupan kita, sebab kalau tidak BAB akan berakibat penyakit khususnya pada perut.  Untuk itu karnoiwo mencoba memberikan saran mengobati susah BAB
Solusi susah buang air besar
Bila tubuh sudah memberikan ‘alarm’ dengan mengalami sakit atau perihal yang tidak enak, sadarilah bahwa ada yang tidak beres, ada yang perlu kita cari. Nasehat ini kami dapatkan saat berkonsultasi dengan dokter anak kami.
Bila anak susah buang air besar, cari penyebabnya dari salah satu berikut:
1. Kurang makan. Bila anak makan sedikit, tentu yang dibuang oleh tubuh akan sedikit juga. Akan wajar bila dalam 1-2 hari, anak tidak buang air besar.
2. Kurang serat. Kebanyakan memang ini yang menjadi faktor utama seorang anak susah b.a.b. Solusi dari karnoiwo yg dapat lakukan adalah memberikan jus buah bagi si kecil dan berusaha menyediakan sayuran setiap harinya.
Mungkin tantangannya adalah, Bagaimana agar si kecil mau sayur? di bujuk agar si buah hati mau makan sayuran dan orang tua harus memberi contoh makan sayur dihadapan mereka.
Pengalaman , sering kami dengan sengaja pamer saat makan sayur, entah kangkung, bayam, kacang panjang, manisa, terong di depan si kecil. Hasilnya, si bungsu mengikuti kami dan ternyata dia enjoy juga. Si sulung terkadang mau kadang tidak, masih perlu motivasi lagi dia.
3. Kurang minum. Ini sering dilupakan banyak papa dan mama. Asupan air yang cukup banyak - sekitar 0,3 – 0,4 liter / 10 kg Berat Badan (BB) sehari, selain akan memberikan hasil yang bagus bagi ginjal juga akan mempermudah si kecil untuk b.a.b. Berikan air minum secara berkala bukan sekali minum langsung habis, karna akan mempengaruhi lambung anak anda.
Contoh: Berat anak = 20 kg, maka total air yg harus diminum = 20kg : 10kg = 2
2 x 0.4 liter = 0.8 liter
Jadi anak dengan berat 20 kg, perlu total air = 0.8 liter
  • Cara praktisnya adalah anda  beli botol minum air ~500ml (0.5 liter) jadikan itu target minum si kecil dari pagi sd siang, bila habis…. isi lagi dan jadikan target minum si kecil dari siang sd malam.
Tantangan bagi  yang bekerja adalah, Bagaimana mengingatkan anak-anak untuk minum setiap saat? Bila anda memiliki handphone yang tidak terpakai, anda bisa gunakan sebagai alarm. Buat reminder/pengingat di HP anda setiap 1 jam sekali, tulis: MINUM. Dan katakan pada si kecil agar dia minum bila handphone ini berbunyi.
Anda juga bisa ingatkan si kecil saat anda telp rumah dari tempat kerja anda.